Wednesday, May 18, 2005

perubahan

sambungan............




permainan selanjutnya adalah kelompok dibagi mejadi dua tim, setiap orang dlm tim saling bergandengan, setiap tim di beri satu gelang dari selang dan diminta untuk men-estafetkan gelang dari ujung ke ujung secepat mungkin dan rangkaian tdk boleh terputus. dari satu gelang ditambah menjadi 2 gelang, hanya yg satu lebih kecil dari yang lain dan tujuannya tetap sama siapa yg bisa men-estafetkan kedua gelang dari ujung ke ujung secepat mungkin. benchmarkingnya adalah waktu. dipermainan ini kita dituntut untuk inovatif dan kreatife untuk mencari cara mencapai tujuan meskipun dengan kemampuan(alat) yang terbatas. kerja sama dan kordinasi yang continue untuk bisa menandingi benchmarking-nya.

kemudian ada permainan dimana kita harus menutup mata dan membuat sesuatu yang dianggap merupakan permintaan customer. 13 orang berdiri dan ditutup matanya dan dibekali tali yang tersambung satu dengan lainnya.

bersambung...

perubahan 2



sambungan ...

nah bila dengan 4 orang berhasil berdiri secara bersama dan rangkaian tak teputus maka ditantang untuk 40 orang berdiri secara bersama dan rangkaian tdk terputus, setelah lima kali mencoba kami belum berhasil berdiri bersama, ada beberapa faktor 1) ketidak samaan cara untuk mencapai tujuan 2) kurang kerja sama 3) komunikasi 4) tidak ada leader. setelah yang keenam kita mencoba menunjuk siapa yang akan memimpin dalam hitungan dan kita sepakati cara lain yaitu dengan saling membelakangi, punggung dengan punggung dan ketika akan berdiri saling menopang.Alhamdulillah cara ini berhasil ! ternyata kita harus cermat dalam menganalisa informasi yang kita dapat, kemudian tentukan cara untuk memenuhi tuntutan sesuai dengan informasi yg kita terima,kesamaan visi/tujuan harus diikuti dengan kesamaan cara yg akan digunakan untuk mewujutkan visi/tujuan tersebut, ternyata untuk menyatukan ide dari banyak orang tidaklah mudah ! ada proses pembelajaran yang berulang :)

bersambung..........

Sunday, May 15, 2005

Perubahan

Bismillahirrahmanirrahim

kemarin selama 3 hari (13-15 mei 05) saya berkesempatan mengikuti suatu kegiatan Outbound yang diadakan di Gunung lawu tepatnya dihutan mojosemi, Sarangan jatim. ini yang pertama kali saya mengikuti kegiatan yang ditujukan untuk membangun perubahan berpikir (mainset) untuk meningkatkan potensi diri.kegiatan ini cukup melelahkan namun sangat memperikan pengaruh/motivasi kepada setiap individu untuk berfikir secara cerdas dan mampu membaca apa yang dikatakan S.W.O.T.

kegiatan dimulai jam 7 pagi dengan pemanasan /streching anggota badan kemudian berjalan sejauh 1000m dengan medan jalan yang mendaki,ada beberapa peserta terutama peserta putri yang kelelahan,sempoyongan dan perasaan mual pada 5 menit pertama, namun ini hanya merupakan yang disebut Mountain Sick namun dengan tekat untuk "belajar" maka semua peserta akhirnya sampai dihutan Mojosemi.

setelah melakukan pendinginan dan melemaskan otot2 permainanpun ddimulai. permainan diawali dengan bagaimana 2 orang dapat berdiri secara bersama2 dari posisi duduk tanpa terjatuh atawa terpisah papun dengan saling membelakangi dan menopang dipunggung temannya, kalo dah berhasil, dicoba dengan 4 orang

bersambung.................